DUKUNGAN DOA : 1.Bangsa & Negara, 2.Presiden, Wakil Presiden dan aparat pemerintah, 3.Gereja-gereja di Indonesia, 4. Kesatuan hati MJ/BP/Aktifis dan kerinduan umat utk melayani , 5. Mereka yang mengalami kelemahan tubuh dan pergumulan, 6. Panitia Pembangunan Gedung Ibadah, 7 Pelaksanaan Progpel 2019-2020, 8. Panitia Natal 2019.

Print

PENATUA "PENAT dan TUA" atau "PEMBAWA NAMA TUHAN.. AMIN"

PENATUA "PENAT dan TUA" atau "PEMBAWA NAMA TUHAN.. AMIN"

 

Seorang penatua pernah berkata kepada saya bahwa penatua itu singkatan dari penat dan tua; penat karena pekerjaannya, dan tua karena sering rapat berjam-jam sehingga menjadi cepat tua. Tentu itu adalah guyonan yang dilontarkan oleh penatua tersebut, karena menjadi penatua tidak akan menjadi penat dan tua asalkan kita menjalaninya dengan kebahagiaan. Melalui guyonan tersebut, penulis jadi ikut latah dalam membuat singkatan dari kata “penatua” itu yaitu PE=Pembawa; NA=Nama; TU=Tuhan; A=Amin. Mengapa penulis mengartikan penatua seperti itu? Karena seorang penatua adalah seorang yang akan membawa nama Tuhan dalam kehidupannya dan kita harus mengaminkan hal tersebut benar-benar dilakukannya dalam kehidupannya.

Pada bulan Oktober 2019 ini, GKI Kota Wisata akan memulai kembali proses pemilihan calon penatua. Peran serta jemaat sangat besar dalam pembentukan Majelis Jemaat GKI Kota Wisata dengan memilih orang-orang untuk menjadi penatua. Syarat-syarat seorang dapat dipilih menjadi penatua telah dilampirkan dalam buku atau QR Code yang telah dibagikan sebelum kebaktian dimulai. Kita dapat melihat syarat-syarat tersebut dan menentu-kan siapakah yang layak untuk menjadi seorang penatua yang nantinya akan melayani untuk menggerakkan roda kehidupan pelayanan di GKI Kota Wisata. Selain syarat-syarat tersebut, kita dapat mengetahui juga syarat seorang penatua di dalam 1 Timotius 3:1-7, di mana dalam pasal tersebut disebutkan syarat-syarat seorang penilik jemaat, diharapkan seorang penatua adalah seorang yang dapat menjadi teladan dalam hidup ini. Menjadi seorang penatua, merupakan pekerjaan yang besar dalam hidup. Mengapa? Karena penatua adalah roda penggerak kehidupan berjemaat bersama-sama dengan pendeta. Oleh karena itu, menjadi penatua adalah sebuah pekerjaan yang besar karena para penatua akan menjadi salah satu penggerak dalam kehidupan bergereja di GKI Kota Wisata. Untuk itu, diharapkan adanya komitmen dalam menjalani pelayanan sebagai seorang penatua dalam gereja.

Di dalam 1 Korintus 12:4-8 dituliskan bagaimana berbagai karunia telah Tuhan berikan kepada kita untuk melayani. Salah satunya adalah menjadi seorang penatua yang harus menghadapi ”penat dan tua” dalam melayani di gereja. Banyaknya pelayanan dalam gereja tetapi semuanya itu dilakukan untuk kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu, menjadi seorang penatua bukan untuk meninggikan diri sendiri tetapi untuk kemuliaan Allah. Me- ngapa? Karena penatua adalah seorang yang membawa nama Tuhan dalam hidupnya.

Di sebuah tempat retreat ada sebuah patung Yesus yang disalib dan tanpa tangan, di bagian bawah patung tersebut bertuliskan “Maukah kau Menjadi Tangan-Ku”? Tulisan pada patung ini menggugah penulis akan sebuah refleksi dalam hidup bersekutu di dalam gereja. Apakah kita telah menjadi perpanjangan tangan dari Yesus dalam hidup kita sehari-hari? Apakah kita juga berusaha untuk mewujudkan visi GKI Kota Wisata “Menjadi gereja yang dewasa, dinamis dan misioner”? Ini tidaklah mungkin dilakukan secara individu saja, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama. Kita dapat melakukannya dalam hidup kita sehari-hari dalam pekerjaan kita, lingkungan sekitar kita, dan juga di dalam rumah tangga kita. Lalu bagaimana dengan gereja? Apa tugas gereja dalam mewujudkan visi tersebut dalam dunia ini? Visi ini dapat dilakukan dengan baik jika ada keteraturan yang baik dalam organisasi gereja yaitu dengan adanya Majelis Jemaat. Bagaimana bisa terbentuk sebuah Majelis Jemaat? Tentu dengan adanya penatua. Lalu bagaimana bisa ada seorang penatua dalam gereja? Tentu peran serta jemaat mempunyai andil besar dalam mewujudkan hal tersebut.

Oleh karena itu, keterlibatan dari jemaat diharapkan untuk memberikan nama yang akan dipilih menjadi penatua yang akan menggerakkan roda kehidupan bergereja di GKI Kota Wisata. Peran jemaat sangatlah penting dalam mewujudkan visi GKI Kota Wisata, salah satunya adalah memilih nama untuk dicalonkan menjadi calon penatua GKI Kota Wisata. Maka marilah kita memilih penatua yang tidak kenal kata penat dan tua, melainkan seorang PEmbawa NAma TUhan Amin. Soli Deo Gloria. (DRS)

 

 

 

GKI Kota Wisata

Ruko Trafalgar Blok SEI 12
Kota Wisata - Cibubur
Bogor 16968
Telp : 021 8493 6167
Fax : 021 8493 0768
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 
Nomor Rekening Bank
BCA : 572 5068686
BCA  : 572 5099000 (PPGI)
Mandiri : 129 000 7925528

Selengkapnya

Statistik Pengunjung

Hari iniHari ini32
KemarinKemarin617
Minggu iniMinggu ini1625
Bulan iniBulan ini6853
Total PengunjungTotal Pengunjung465083
Pengunjung Online 41