Tanggungjawab dalam Kebebasan
Mengapa kita mengunci pintu di malam hari, atau mengunci mobil, jendela, dan komputer? Ancaman cedera dan kehilangan membuat kita menghargai keamanan pribadi di atas segalanya. Yesus juga menghargai keamanan, tetapi Ia memilih untuk hidup dengan cinta kepada Tuhan dan sesama di atas segalanya, meskipun itu berarti menghadapi penderitaan, cedera, dan kehilangan.
Yesus tidak hanya menunjukkan cara hidup yang unik, tetapi juga mengajarkan kita bagaimana hidup di dunia ini. Ketika Yesus memberitakan kabar baik Kerajaan Allah, Ia membayangkan dunia di mana kerusakan dan kematian diberantas, dan cinta serta keamanan menjadi dasar kehidupan.
Bayangkan hidup di dunia di mana tidak ada seorang pun yang akan menyakiti Anda, di mana rasa aman berakar pada cinta yang sama terhadap satu sama lain, bukan perlindungan terhadap satu sama lain. Dunia ini berlimpah, tanpa penimbunan atau persaingan untuk mendapatkan sumber daya. Tidak ada kekerasan, ancaman, atau kematian. Tanpa gerendel, gembok, atau kata sandi.
Bagaimana Anda akan hidup secara berbeda jika Anda hidup setiap hari di dunia seperti ini?
Yesus mengajarkan bahwa Kerajaan Allah ada di sini dan tersedia bagi kita. Dalam Matius 6:33, Yesus mengajak kita untuk “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran- Nya, dan semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Ini berarti kita harus memprioritaskan kasih kepada Allah dan sesama di atas segalanya.
Dalam Kejadian 1 dan 2, para penulis Alkitab mengajak kita untuk melihat pilihan hidup atau mati yang harus diambil manusia. Akankah kita hidup bebas selamanya di dunia yang berkelimpahan (diwakili oleh taman Eden) dengan mengikuti cara-Nya memerintah dunia dengan kebijaksanaan-Nya? Atau akankah kita mencoba memerintah menurut kebijaksanaan kita sendiri?
Dalam Kejadian 3:1-15, manusia lebih memercayai perspektif mereka sendiri tentang bagaimana seharusnya dunia bekerja daripada memercayai hikmat Tuhan. Mereka makan dari pohon yang secara khusus Tuhan perintahkan untuk dihindari, dan mereka langsung merasa takut. Mereka berakhir di luar taman yang indah, menderita di dunia yang penuh luka, kehilangan, dan kematian – tempat di mana gerendel dan senjata masuk akal karena kehidupan berbahaya dan pada akhirnya kembali menjadi debu.
Kisah alkitabiah memberi tahu kita bahwa umat manusia akan tergoda untuk mengamankan kehidupan dengan cara-cara yang mungkin masuk akal dari sudut pandang tertentu (terbatas). Namun jika cara-cara tersebut mengabaikan instruksi Tuhan, pada akhirnya selalu membawa kerugian bagi ciptaan dan dengan sesame ciptaan.
Yesus merangkai benang ini dari Kejadian 3 langsung ke inti pengajaran-Nya. Dia berbicara langsung tentang naluri manusia yang mendalam untuk bertahan hidup. Apa yang perlu saya miliki, atau siapa yang harus saya kalahkan, agar dapat menjalani hari lain? Tanggapan-Nya yang menggemparkan atas pertanyaan ini terangkum dalam khotbah-Nya di Bukit: “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
Perhatikan bagaimana Matius 6:33 dimulai dengan konjungsi kontras “tetapi”, yang membantu kita melihat apa yang terjadi sebelumnya. Sebelumnya di Matius 6, ia menggambarkan dua dunia: dunia di mana manusia dengan cemas mengamankan kehidupan mereka sesuai dengan preferensi dan sudut pandang pribadi, dan dunia di mana manusia hidup dengan bebas sesuai dengan hikmat dan ketentuan Tuhan – dunia di mana setiap orang percaya bahwa Tuhan pada akhirnya memberikan segalanya kepada mereka untuk hidup.
Dikelilingi oleh kemiskinan, kejahatan, dan ancaman kekerasan, kita dapat merasakan adanya bahaya di mana-mana. Bekerja untuk melindungi “saya dan milik saya” dengan cara apa pun, bahkan termasuk mengabaikan atau merugikan orang lain, telah menjadi hal yang normal, bahkan “baik” dalam budaya populer. Kita mempunyai masalah sendiri yang harus diselesaikan, dan melakukan apa yang diperlukan untuk dengan murah hati mengasihi setiap tetangga kita terdengar menyenangkan namun terasa tidak realistis. Jadi ketika kita mendengar Yesus berkata, “Carilah dahulu Kerajaan Allah,” hal ini terdengar idealis dan tidak praktis, bahkan mustahil.
Namun Yesus menolak godaan untuk bergantung pada kekerasan apa pun untuk mempertahankan diri. Dia menolak setiap cara egois untuk mendapatkan keamanan pribadi, dan Dia menjadi contoh paling jelas tentang bagaimana rasanya menjalani cara hidup baru ini. YSE